Posted by: blogklipingppshk | January 15, 2009

Pemkot Kucurkan Rp 2 Miliar untuk PNPM

PONTIANAK—Pemerintah Kota Pontianak mengucurkan dana segar dari APBD 2009 sebesar Rp2 miliar untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Sisanya sebesar Rp1,015 miliar akan dimasukan dalam APBD perubahan.”Dana tersebut sharing dengan pemerintah pusat. APBD Rp3,015 miliar dan pemerintah pusat juga sama,” kata Wakil Walikota Pontianak Paryadi di ruang kerjanya Rabu (14/1) pagi.

Sebanyak 13 kelurahan di beberapa kecamatan akan mendapatkan dana tersebut. Dua kelurahan adalah wajah lama, yang sebelumnya pernah memperolehnya, yakni Kelurahan Tambelan Sampit dan Saigon di Pontianak Timur. Sisanya diberikan kepada kelurahan lain, kecuali Pontianak Tenggara.   PNPM merupakan kegiatan partisipatif. Kegiatan ditentukan masyarakat (open menu), akuntabilitas, proses yang sederhana, pendampingan oleh fasilitator, kesetaraan dan keadilan gender, serta keberlanjutan. Saat ini dana dari pemerintah pusat sudah masuk ke rekening Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebanyak 20 persen.
”BKM ini dipilih dari setiap RT setempat. Mereka akan mengusulkan program-program terkait dana PNPM,” ujar Paryadi.

Kendati pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat, pemkot tetap mengawasi penggunaan dana tersebut. Pemkot juga mengaudit dana guna memastikan dana tersebut benar-benar digunakan untuk masyarakat. ”Teknisnya ada di Bappeda,” kata Paryadi. PNPM bukan program baru, namun merupakan wadah bagi terintegrasinya program-program penaggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan diperluas secara nasional. Untuk tahun 2007, diintegrasikan dua program yaitu Program Pengembangan Kecamatan (PPK) dan program Penanggulangan Kemiskinan di perkotaan (P2KP).(uni)

Sumber : Koran Pontianak Post : Kamis 15 januari 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: