Posted by: blogklipingppshk | January 22, 2009

Ratusan Rumah di Kecamatan Bonti Terendam
Ketinggian Air Sempat Capai 3,5 meter

BONTI-Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Sanggau belakangan mulai menyurut. Seperti di beberapa wilayah Kecamatan Sekayam, Entikong, Beduai dan Kembayan. Namun tidak untuk wilayah Kecamatan Bonti. Kondisi air tampaknya semakin meningkat secara signifikan. Diperkirakan ratusan rumah terendam di kecamatan tersebut.Camat Bonti, Markus beberapa hari lalu mengatakan di beberapa desa sudah banyak terendam banjir. Diantaranya Desa Bonti, Bata, Empodis,Sami dan Dusun Kampuh. Pemukiman penduduk yang terendam banjir ini diperkirakannya sekitar 481 unit. Ketinggian air sempat mencapai 3,5 meter.
Keadaan tersebut membuat muspika setempat mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan dengan mendirikan beberapa buah posko di titik rawan, agar mempermudah evakuasi korban banjir apabila diperlukan.

“Sejauh ini warga mengungsi di tempat yang lebih tinggi, sedangkan bantuan dari pihak Kabupaten masih belum datang. Karena itu melalui koordinasi dengan pihak terkait kami menghimpun segala bantuan,” Kata Markus.  Bantuan yang terhimpun berupa mie instan, beras, obat-obatan dan tenda selain itu ada beberapa partai juga memberikan bantuan berupa mie instan untuk warga setempat. Warga yang terkena banjir manyambut baik dan cukup senang dengan adanya bantuan tersebut. “Karena pasca banjir seperti sekarang ini bantuan sangat dibutuhkan sekali terutama makanan siap saji,” tegas Markus.

Bantuan secara langsung ini diserahkan kepada warga yang terkena banjir oleh Camat Bonti, Danramil Pelda Andreas serta Kapolsek Bonti, Ipda Bambang.S ke sejumlah desa-desa yang ada di Kecamatan Bonti. Sampai saat ini arus transportasi menuju dan ke luar Kecamatan Bonti lumpuh total. Meskipun demikian penyaluran bantuan tetap masih bisa disalurkan kepada warga. Sejauh ini diakui Markus belum ada korban jiwa. Namun dia tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan memperhatikan keselamatan terutama anak-anak. (ags)

Sumber : Pontianak Post, 17 Januari 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: